RSS

Nyeri haid (dismenorea)

21 Okt

Apakah nyeri haid?

Banyak perempuan mengalami sakit atau ketidaknyamanan pada saat periode mereka. Bagi sebagian besar, rasa sakit atau kegelisahan tidak begitu parah sehingga mengganggu kehidupan sehari-hari mereka atau memerlukan perhatian khusus apapun.

Namun, bagi beberapa wanita periode bulanan mereka bermasalah dan hampir melumpuhkan karena rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan. Mereka mungkin harus mengambil cuti dari sekolah atau bekerja dan tinggal di rumah untuk satu atau dua hari.

Meskipun menyakitkan, periode hanya kadang-kadang tanda penyakit sebenarnya.

Jika rasa sakit jangka waktu lebih dari ketidaknyamanan maka adalah bijaksana untuk berkonsultasi dengan dokter atau ginekolog.

Apa yang menyebabkan nyeri haid?

Rasa sakit alami disebabkan oleh kontraksi di otot rahim. Kontraksi disebabkan oleh pelepasan prostaglandin tubuh, yang adalah hormon yang dihasilkan oleh lapisan rahim.

Bagaimana anda menghindari nyeri haid?

Hal terbaik untuk melakukan sendiri, selain meyakinkan diri sendiri bahwa Anda tidak sakit, adalah untuk tinggal di kesehatan fisik yang baik. Hal ini dapat dicapai dengan gaya hidup sehat dengan latihan sehari-hari, banyak tidur dan istirahat dan, jika mungkin, cobalah untuk menghindari stres.-The-counter Selama obat penghilang rasa sakit, dalam ibuprofen tertentu (misalnya Advil , Nurofen ), sering membantu dan apoteker Anda sering dapat memberikan menyarankan Anda lebih lanjut mengenai mana yang tepat untuk Anda.

Apa yang bisa dokter lakukan?

Jika nyeri haid anda tidak dibebaskan oleh obat penghilang rasa sakit sederhana maka dokter Anda mungkin ingin melakukan pemeriksaan panggul untuk menyingkirkan setiap kondisi yang mendasarinya yang dapat menyebabkan dismenorea.

Tergantung pada ini, panggul USG atau laparoskopi mungkin disarankan. Pengobatan termasuk NSAID (-inflamasi obat-steroid anti non) dan juga pil kontrasepsi .

Dengan mencegah ovulasi pil kontrasepsi mengurangi produksi prostaglandin dan nyeri. Jika rasa sakit yang ditemukan dapat disebabkan oleh kondisi seperti penyakit radang panggul , endometriosis atau Fibroid , maka perawatan akan disesuaikan terhadap kondisi tersebut.

Berdasarkan teks oleh Dr Erik Fangel Poulsen , spesialis

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 21/10/2010 in tahukah kamu ???

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: