RSS

Tokoh yang Berperan dalam Koperasi Indonesia

14 Nov

Ada beberapa tokoh yang layak dikategorikan sebagai tokoh-tokoh koperasi Indonesia sejak lahirnya bapak koperasi “Bung Hatta”. Salah satunya adalah Agus Sudono .

Agus sudono yang dibesarkan di lingkungan Kopkar (koperasi karyawan) sehingga ia tahu suka dukanya di dalam lingkungan tersebut sehingga ia terdorong untuk mendirikan Inkopkar (Induk Koperasi Karyawan) pada tahun 1986. Beliau juga penah menjadi ketua umum Gasbiindo (Gabungan Serikat Buruh Industri Indonesia).

Pada tahun 2007 beliau pernah mengusulkan kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla agar ada polecy perencanaan masalah tenaga kerja yang jelas baik di tingkat nasional maupun daerah. Dengan adanya perencanaan yang sinkron antardepartemen maupun di daerah, maka tidak perlu lagi muncul saling menyalahkan. Beliau mengatakan sekarang ini seringkali ada anggapan bahwa keahlian angkatan kerja tidak memenuhi persyaratan yang diminta oleh penyedia lapangan kerja.

Beliau menilai perencanaan masalah ketenagakerjaan itu penting mengingat angkatan kerja dan jumlah pengangguran di Indonesia cukup besar. Saat ini jumlah angkatan kerja di Indonesia itu mencapai 102 juta orang. Sementara jumlah pengangguran tercatat sekitar 11 juta orang dan setengah pengangguran ada sekitar 40 jutaan orang. Pada saat itu beliau berencana untuk memperbaiki sistem hubungan perburuhan yang menyangkut tenaga kerja kontrak.

Beliau sangat memperhatikan kesejahteraan buruh atau pekerja di Indonesia. Beliau juga memperhatikan kesejahteraan TKI yang bekerja di luar negeri dapat menghasilkan dan memperoleh perlakuan lebih baik. Jasa beliau sangat berperan dalam perekonomian Indonesia, khusunya pada bagian kesejahteraan tenaga kerja.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 14/11/2010 in ekonomi & koperasi

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: