RSS

Wajib Daftar Perusahaan

24 Apr

WAJIB DAFTAR PERUSAHAAN

                                                         ( UU No. 3 Tahun 1982 )

Kemajuan dan peningkatan pembangunan nasional pada umumnya dan perkembangan kegiatan ekonomi pada khususnya yang menyebabkan pula berkembangnya dunia usaha dan perusahaan, memerlukan adanya Daftar Perusahaan yang merupakan sumber informasi resmi untuk semua pihak yang berkepentingan mengenai identitas dan hal-hal yang menyangkut dunia usaha dan perusahaan yang didirikan, bekerja serta berkedudukan di wilayah Negara Republik Indonesia,

Daftar Perusahaan itu penting untuk Pemerintah guna melakukan pembinaan, pengarahan, pengawasan dan menciptakan iklim dunia usaha yang sehat karena Daftar Perusahaan mencatat bahan-bahan keterangan yang dibuat secara benar dari setiap kegiatan usaha sehingga dapat lebih menjamin perkembangan kepastian berusaha bagi dunia usaha.

Daftar Perusahaan adalah daftar catatan resmi yang diadakan menurut atau berdasarkan ketentuan Undang-undang dan atau peraturan-peraturan pelaksanaannya, dan memuat hal-hal yang wajib didaftarkan oleh setiap perusahaan serta disahkan oleh pejabat yang berwenang dari kantor pendaftaran peru­sahaan.

Perusahaan adalah setiap bentuk usaha yang menjalankan setiap jenis usaha yang bersifat tetap dan terus-menerus dan yang didirikan, bekerja serta berkedudukan dalam wilayah Negara RepublikIndone­sia, untuk tujuan memperoleh keuntungan dan atau laba.

Daftar Perusahaan bersifat terbuka untuk semua pihak. Setiap pihak yang berkepentingan, setelah memenuhi biaya administrasi yang ditetapkan , berhak memperoleh keterangan yang diperlukan dengan cara mendapatkan salinan atau petikan resmi dari keterangan yang tercantum dalam Daftar Perusahaan yang disahkan oleh pejabat yang berwenang dari kantor pendaftaran perusahan.

Setiap perusahaan wajib didaftarkan dalam Daftar Perusahaan, pendaftaran  dilakukan oleh pemilik atau pengurus perusahaan yang bersangkutan atau dapat diwakilkan  kepada orang lain dengan memberikansuratkuasa yang sah.  Apabila perusahaan dimiliki oleh beberapa orang, pemilik berkewajiban untuk melakukan pendaftaran. Apabila salah seorang daripada mereka telah memenuhi kewajibannya, yang lain dibebaskan daripada kewajiban tersebut.

Dikecualikan dari wajib daftar ialah:

  1. Perusahaan Negara yang berbentuk Perusahaan Jawatan (PERJAN)
  2. Perusahaan kecil perorangan bukan suatu badan hukum atau suatu persekutuan.

Perusahaan yang wajib didaftar dalam Daftar Perusahaan adalah setiap perusahaan yang berkedudukan dan menjalankan usahanya di wilayah Negara RepublikIndone­siatermasuk di dalamnya kantor cabang, kantor pembantu, anak perusahaan serta agen dan perwakilan dari perusahaan itu yang mempunyai wewenang untuk meng­adakan perjanjian.

Pendaftaran dilakukan dengan cara mengisi formulir pendaftaran, dan diserahkan pada kantor pendaftaran perusahaan yaitu:

  1. di tempat kedudukan kantor perusahaan;
  2. di tempat kedudukan setiap kantor cabang, kantor pembantu perusahaan atau kantor anak perusahaan;
  3. di tempat kedudukan setiap kantor agen dan perwakilan perusahaan yang mempunyai wewenang untuk mengadakan perjanjian.

Pendaftaran wajib dilakukan dalam jangka waktu 3 (tiga) bulan setelah perusahaan mulai menjalankan usahanya, hal-hal yang wajib didaftarkan adalah:

  1. nama perseroan dan  merek perusahaan.
  2. tanggal pendirian perseroan dan jangka waktu berdirinya perseroan
  3. kegiatan pokok dan kegiatan usaha lain dan   ijin usaha yang dimiliki
  4. alamat perusahaan, kantor cabang, kantor pembantu dan agen serta perwakilan perseroan pada waktu perseroan didirikan dan setiap perubahannya
  5. identitas dan alamat pengurus dan komisaris
  6. kegiatan usaha lain dari setiap pengurus dan komisaris
  7. modal perusahaan (ditempatkan&disetor)
  8. tanggal mulai usaha ,nomor pengesahan badan hokum,   pengajuan permintaan pendaftaran

Apabila perusahaan berbentuk Koperasi, hal-hal yang wajib didaftarkan adalah:

  1.  nama koperasi dan  merek perusahaan.
  2. tanggal pendirian
  3. kegiatan pokok dan lain-lain kegiatan usaha
  4. alamat perusahaan berdasarkan akta pendirian, berkenaan dengan setiap pengurus, dan anggota badan pemeriksa:

Kepada Perusahaan yang telah disahkan pendaftarannya dalam Daftar Perusahaan. diberikan Tanda Daftar Perusahaan yang berlaku untuk jangka waktu 5 (lima) tahun tanggal dikeluarkannya dan yang wajib diperbaharui sekurang-kurangnya 3 (tiga) bulan sebelum tanggal berlakunya berakhir.

Daftar Perusahaan hapus apabila terjadi hal-hal sebagai berikut:

  1. perusahaan yang bersangkutan menghentikan segala kegiatan usahanya
  2. perusahaan yang bersangkutan berhenti pada waktu akta pendiriannya kadaluwarsa
  3. perusahaan yang bersangkutan dihentikan segala ke­giatan usahanya berdasarkan suatu putusan Pengadilan Negeri yang telah memperoleh kekuatan hukum yang tetap.

Perusahaan yang telah terdaftar ternyata menjalankan kegiatan usaha yang tidak sesuai dengan izin usahanya, pejabat kantor pendaftaran perusahaan setelah memberikan peringatannya dapat membatalkan pendaftarannya dan mewajibkan, pengusaha tersebut untuk melakukan pendaftaran ulang.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 24/04/2011 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: