RSS

Apple Menangkan ‘Sengketa’ Hak Paten dari Nokia

22 Mei

Jakarta – Apple akhirnya dinyatakan berhak atas lima hak paten yang selama ini diperebutkannya dengan Nokia. International Trade Commission (ITC) di Washington, Amerika Serikat (AS) memutuskan Apple tidak melanggar kelima hak paten tersebut.

Namun demikian, temuan hakim ITC, E James Gildea, ini akan ditinjau kembali oleh komisi yang beranggotakan enam orang, yang memiliki wewenang untuk memblokir impor produk yang diketahui melanggar hak paten di AS.

Seperti diketahui, kedua vendor ponsel papan atas ini telah terlibat perseteruan soal hak paten teknologi pada ponsel besutan mereka sejak Oktober 2009. Nokia mengajukan gugatan menuduh Apple telah melanggar 10 hak patennya dan menuntut royalti atas jutaan iPhone yang terjual sejak diperkenalkan pada 2007.

Menanggapi keputusan ini, Nokia merasa tidak puas. “Meski kami tidak setuju bahwa tidak ada pelanggaran hak paten, kami akan menunggu untuk melihat rinciannya sebelum memutuskan langkah selanjutnya,” kata juru bicara Nokia, Laurie Armstrong, dikutip detikINET dari Times of India, Minggu (27/3/2011).

Sementara itu, juru bicara Apple, Kristin Huguet mengatakan pihaknya untuk saat ini belum akan berkomentar. Disebutkannya, alasan hakim memenangkan Apple dalam perkara gugatan ini akan dirilis ke publik setelah setelah kedua belah pihak memiliki kesempatan untuk menyusun informasi bisnis mereka.

Nokia mengklaim, Apple telah menggunakan teknologi miliknya, yang disebut sebagai ‘pioneering innovation’. Hak paten yang dipermasalahkan Nokia meliputi kamera, teknologi baterai, layar sentuh, speaker dan messaging.

Apple pun punya klaim tersendiri dan balik menuntut Nokia. Hakim ITC berbeda yang menangani kasus ini, Charles Bullock dijadwalkan segera merilis temuannya pada 24 Juni 2011 mendatang.

( rns / wsh )

sumber :
http://www.detikinet.com/read/2011/03/27/102724/1602071/399/apple-menangkan-sengketa-hak-paten-dari-nokia/

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 22/05/2011 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: