RSS

Mewarnai Rambut Tanpa Efek Samping

29 Okt
BAGI Anda yang ingin mewarnai rambut, tidak perlu khawatir akan timbulnya berbagai efek samping negatif. Selama mewarnai rambut sesuai dengan prosedur, efek-efek negatif tersebut dapat diminimalisir. Bahkan Anda dapat bebas dari efek tersebut. Karena itu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum dan sesudah mewarnai rambut.

Mewarnai rambut menjadi sebuah kebutuhan bagi wanita modern. Betapa tidak, visualisasi keindahan yang terpancar dari tata rambut dapat menciptakan sebuah citra tersendiri bagi kaum hawa. Modis, fashionable dantrendy. Kesan itu menjadi lekat ketika seorang wanita menata rambutnya. Tidak hanya gaya guntingan, dalam satu dekade terakhir ini warna rambut memiliki peran besar dalam total look sebuah penampilan. Alhasil, aplikasi warna pada rambut hampir tidak bisa dipisahkan kalau seorang perempuan pergi ke salon untuk menata rambutnya.

Semula, sempat timbul was-was dari sebagian perempuan akan dampak negatif dari zat pewarna rambut. Bahkan sejauh ini telah beredar kabar di berbagai kalangan tentang bahaya zat pewarna rambut, mulai dari kerontokan, rambut bercabang, kusam hingga risiko kanker. Rupanya hal tersebut telah membuat sebagian perempuan mengurungkan niatnya untuk mewarnai rambut.

Kini, Anda tidak perlu takut atau khawatir untuk mewarnai rambut. Anda tetap bisa tampil modis dengan warna rambut yang Anda inginkan. Sebab, produk pewarna rambut saat ini telah melalui berbagai riset yang hasilnya merupakan solusi dari pewarnaan rambut konversional karena belum memenuhi standar kesehatan. Selain itu, kepiawaian para hairdresser mewarnai rambut dengan benar turut memberi pengaruh bagi dunia tata rambut untuk terus bergeliat sesuai dengan perjalanan mode.

Salah satu hairdresser yang punya kapasitas dalam mewarnai rambut “aman” adalah Lie Kuang dari Lie Kuang Salon. Semua, menurutnya, berpulang pada bagaimana mengaplikasikan cat rambut yang baik dan benar. Sepanjang prosedur ini dijalankan, risiko yang tidak diinginkan dapat diminimalisir. “Saat ini teknologi sudah maju dan sudah memperhatikan kesehatan,” katanya.

Selanjutnya, Lie menerangkan prosedur yang aman dalam proses mewarnai rambut. “Sebelum mewarnai rambut sebaiknya melakukan tes alergi. Dilakukan dengan cara meletakkan zat pewarna di kulit, di bagian tangan atau di bagian leher,” katanya. Jika dalam tes alergi tersebut ternyata timbul rasa gatal, lebih Anda tidak melakukan pewarnaan yang sifatnya permanen atau sementara.

Sekadar diketahui, ada tiga bagian rambut yang perlu Anda perhatikan sebelum mengaplikasikan zat pewarna. Bagian luar rambut adalah bagian yang terlihat langsung oleh mata. Di dalamnya ada yang namanya kutikula yang melindungi rambut. Sementara keratin, yaitu bagian yang menentukan warna rambut, berada dalam korteks.

Lie menganjurkan untuk tidak terlalu sering mewarnai rambut. Anda perlu memperhatikan interval waktu pewarnaan rambut yang sesuai dengan kapasitas rambut Anda. Jika Anda ingin mengubah warna rambut, sebaiknya paling cepat empat bulan. Kurang dari masa ini, wambut akan menjadi kusam dan kering. “Untuk mengubah batang rambut. Mewarnai rambut cukup pada bagian akarnya saja,” ungkapnya.

Untuk mendapatkan tampilan rambut yang optimal, baik dari segi gaya guntingan maupun dari pewarnaannya, Anda harus melakukan perawatan yang intensif. Salah satu perawatan yang dapat Anda lakukan di rumah adalah mencuci rambut dengan sampo khusus. Diutamakan menggunakan vitamino color yang mengandung vitamin E dan B kompleks.

“Sebelum menggunakan sampo, perlu Anda ketahui terlebih dahulu kondisi kulit kepala, apakah termasuk jenis kulit kepala berminyak, normal, sensitif atau berketombe,” jelasnya.

Mencuci rambut dengan sampo yang terbaik adalah sehari sekali untuk pria, tiga hari sekali untuk wanita. Sebab kadar minyak yang terkandung di rambut pria lebih banyak daripada wanita.

Sedangkan penggunaan masker rambut dianjurkan dua minggu sekali untuk memberikan kesehatan, sehingga rambut terlihat lebih berkilau dan tidak mudah rontok. Masker yang digunakan tergantung pada kebutuhan rambut. Anda bisa memilih bahan apa saja, semisal lidah buaya, ginseng, bangkoang, dan bahan-bahan alami lainnya.

 

sumber ; lifestyle.okezone.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 29/10/2011 in tips cantik .

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: