RSS

Menulis adalah Proses Bernalar

30 Okt

Topik: Menulis adalah proses bernalar

Sebelum bercerita kita harus terlebih dahulu pengetian yang terkadung dalam menulis adalah proses bernalar. Yang pertama adalah Menulis yaitu menurunkan atau melukiskan lambang-lambang grafik yang mengambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seorang, sehingga orang lain dapat membaca lambang-lambang grafik tersebut kalau mereka memahami bahasa dan grafik tersebut . menurutTarigan (Hasani,2005:1).atau bisa juga dibilang Menulis adalah Aktivitas sesorang dalam menuangkan ide-ide pikiran, dan perasaan secara logis dan sistematis dalam bentuk tertulis sehingga pesan tersebut dapat dipahami oleh para pembaca. Menurut Syamsudin (Hasan,2005:1).lalu kedua adalah Bernalar kita ambil kata na-lar adalah aktivitass yang memungkinkan orang lain berfikir logis bisa juga ber-na-lar = mempunyai nalar, menggunakan nalar : berfikir logis. Sedangkan Penalaran adalah proses berfikir yang bertolak belakang dari pengamatan indera (obsevasi Empirik ) yang menghasilkan sejumlah konsep dan pengertian. Berdasarkan pengamatan yang serupa akan membentuk proposes-proposisi yang sejenis, berdasarkan sejumlah proposisi yang diketahui atau diangkap benar, orang menyimpulkan sebuah proposisi baru yang sebelum tidak diketahui.Proses inilah yang disebuat menalar.

Menulis merupakan suatu keterampilan berbahasa dari proses berfikir tentang sesuatu kita dapat pahami ketika akan mengemukan pendapat kepada orang lain. Misalkan berproses kemudian menggunakan media berbahasa lisan untuk mengemukan gagasan bisa juga ketika kita sedang menulis suatu topic-topik. Bila kita ingin menulis suatu Topik kita harus berfikir menghubung-hubungkan berbagai fakta membandingkan, mempertentangkan dan lain-lain.

Bisa juga kita mengambil contoh dalam kehidupan sehari-hari Kita senantiasa berfikir. Berfikir memang merupakan kegiatan mental dalam kehidupan Manusia, dalam keseharian tanpa kita sadari hidup kita pun saat dalam kondisi sadar dan terjaga senantiasa berfikir. Bila kita ambil contoh suatu kegiatan dari berfikir itu lah saat itu timbul serangkaian fakta hasil pengalaman, percobaan, pengamatan, percobaan, penelitian, dan referensi dalam urutan yang saling berhubungan serta yang bertujuan menarik kesimpulan yang berwujud dalam pendapat. Jenis berfikir ini sudah merupakan bernalar.dalam prose bernalar merupakan kinerja berfikir yang sistematik untuk memperoleh kesimpulan berupa pendapat atau gagasan.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 30/10/2011 in belajar sedikit

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: