RSS

abstrak

19 Des

ABSTRAK

Respon Konsumen Terhadap Mie InstanProduk Indofood (Studi Kasus di Pasar Atas Cimahi).

 

Tingginya aktivitas masyarakat yang didorong oleh semakin tingginyakebutuhan masyarakat ini menyebabkan pola konsumsi pangan masyarakat berubah. Perubahan pola atau gaya hidup, juga menjadi faktor pemicu terjadinya perubahan pola konsumsi. Pergeseran pola konsumsi masyarakat ini ternyata berdampak positif terhadap industri makanan instan, terutama industri mie instan.Salah satu produsen mie instan terbesar di Indonesia saat ini adalah Indofood.Perusahaan ini menguasai hampir 80 % dari produksi mie instan di Indonesia.Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapatmempengaruhi respon konsumen terhadap produk mie instan. 2) Mengetahuirespon konsumen terhadap produk mie instan Indofood di Pasar Atas Cimahi.Dalam penelitian ini pengambilan responden dilakukan di Pasar AtasCimahi, di sana terdapat toko yang menjual sembako, beras, kios penjual daging,sayuran dan lain-lain. Jumlah toko yang ada di sana sebanyak 460 toko. Adapuntoko yang menjual mie instan produk Indofood sebanyak 157 toko. Dari 157 toko penulis mengambil sampel sebanyak 10 toko. Langkah pertama dalam pembahasan respon konsumen ini adalah melakukan analisis faktor-faktor yangmempengaruhi respon konsumen terhadap mie instant produk indofood. Dalam pembahasan pertama ini analisis dilakukan untuk mengetahui tingkat kepercayaankonsumen terhadap suatu atribut produk. Kepercayaan ini adalah kekuatankepercayaan bahwa suatu produk memiliki atribut tertentu. Langkah kedua dalam pembahasan respon konsumen ini adalah melakukan analisis terhadap frekuensitingkat kepercayaan konsumen terhadap atribut suatu produk. Pada dasarnya sikapseorang konsumen terhadap suatu objek akan ditentukan oleh sikapnya terhadap berbagai atribut yang dimiliki oleh objek tersebut. Konsumen akanmengungkapkan kepercayaan terhadap berbagai atribut yang dimiliki suatu merek dan produk yang dievaluasinya. Langkah ini digambarkan oleh bi yang mengukur kepercayaan konsumen terhadap atribut yang dimiliki oleh produk mie instant.Kepercayaan tersebut sering disebut sebagai object-attribute linkages , yaitukepercayaan konsumen tentang kemungkinan adanya hubungan antara sebuahobjek dengan atributnya yang relevan.Evaluasi atribut adalah evaluasi baik atau buruknya suatu atribut, yaitumenggambarkan pentingnya suatu atribut bagi konsumen. Konsumen akanmengidentifikasi atribut-atribut dari produk yang kemudian akan dievaluasi.Konsumen akan menganggap atribut produk memiliki tingkat kepentingan yang berbeda. Konsumen kemudian akan mengevaluasi kepentingan atribut produk tersebut. Komponen ei mengukur evaluasi kepentingan atribut-atribut yangdimilki oleh objek tersebut. Dalam hal ini konsumen belum memperhatikan merek dari produk mie instan ketika mengevaluasi tingkat kepentingan tersebut. Eimengukur seberapa senang persepsi konsumen terhadap atribut dan suatu produk

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 19/12/2011 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: