RSS

Fakta unik tentang Bahasa Inggris

12 Apr

Fakta unik tentang bahasa inggris kadang tidak ditemukan dalam pelajaran bahasa inggris di sekolah atau pun kursus bahasa inggris. Fakta-fakta unik tersebut akan memberikan khasanah bahasa yang lebih luas di luar ilmu bahasa yang memang saya rasa tidak mudah untuk di pelajari. Sembari santai kita baca fakta unik tentang bahasa inggris ini. Namun seiring dengan perkembangan jaman, tentunya akan muncul kata-kata baru dari pembentukan kata baik secara blending atau pun coining; dan dengan pembentukan kata baru itu mungkin saja dapat menggugurkan keunikan dari daftar yang ada di sini. Tidak perlu panjang lebar saya kami mukodimah di sini, kalian semua bisa langsung baca fakta unik tentang bahasa inggris berikut ini.

  1. Huruf yang paling sering muncul dalam Bahasa Inggris adalah ‘e’.
  2. Huruf hidup yang paling sering muncul dalam Bahasa Inggris adalah ‘e’, diikuti oleh ‘a’.
  3. Huruf konsonan yang paling sering muncul dalam Bahasa Inggris adalah ‘r’, diikuti dengan ‘t’.
  4. Setiap suku kata dalam Bahasa Inggris harus mempunyai minimal satu vowel sound (suara huruf hidup). Tidak semua suku kata mempunyai konsonan.
  5. Hanya ada dua dalam Bahasa Inggris yang sekarang ini digunakan yang berakhiran ‘-gry’; yakni ‘angry’ dan ‘hungry’.
  6. Kata “bookkeeper” merupakan satu-satu kata dalam Bahasa Inggris yang tidak diberi tanda hubung (-) dengan 3 huruf yang diulang secara berurutan. Kata seperti  ‘cross-section’ dan ‘bee-eater’ akan membutuhkan tanda hubung untuk dapat dibaca.
  7. Kata “triskaidekaphobia” berarti “takut akan hari Jum’at tanggal 13”. Yang secara umum berarti juga “hal takhayul tentang angka tiga belas”.
  8. Lebih banyak kata dalam Bahasa Inggris yang berawalan dengan huruf ‘s’ dibandingkan dengan huruf lainnya.
  9. Sebuah preposisi dalam Bahasa Inggris selalu diikuti oleh kata benda (yakni noun, proper noun, pronoun, noun group, gerund).
  10. Kata “uncopyrightable” adalah kata terpanjang dalam Bahasa Inggris dalam penggunaan normal yang tidak ada pengulangan untuk masing-masign huruf.
  11. Satu kalimat yang terdiri dari seluruh 26 huruf alfabet disebut dengan “pangram”.
  12. Kalimat “The quick brown fox jumps over the lazy dog” terdiri dari 26 huruf alfabet. Kalimat ini biasanya digunakan untuk mengetes mesin ketik ataupun keyboard.
  13. Satu kata dalam Bahasa Inggris yang berakhiran dengan huruf “-mt” adalah “dreamt” (yang merupakan variasi pengejaan untuk kata “dreamed”) – dan satu lagi tentunya “undreamt”.
  14. Satu kata yang dibentuk dari penggabungan dari bagian-bagian kata yang sudah ada di sebut dengan “blend” (atau disebut juga dengan “portmanteau word”). Banyak kata-kata baru yang dimasukkan ke dalam bahasa Inggris dengan cara ini. Seperti “brunch” (breakfast + lunch); “motel” (motorcar + hotel); dan “guesstimate” (guess + estimate). Catatan: blending berbeda dengan coumpund ataupun compound nouns, yang merupakan gabungan dua kata utuh, contoh; website, blackboard, darkroom.
  15. Kata “alphabet” berasal dari dua kata huruf awal alfabet Yunani: alpha, bēta.
  16. Titik di atas huruf “I” dan huruf “j” disebut dengan “superscript dot” atau “titik di atas huruf”.
  17. Dalam penggunaan normal, symbol # mempunyai beberapa nama, seperti: hash, pound sign, dan number sign.
  18. Jika kita menempatkan tanda koma sebelum kata “and” di akhir sebuah daftar, maka tanda koma ini disebut dengan “Oxford comma” atau juga “serial comma”. Contoh: “I drink coffee, tea, and wine.”

Sumber : http://shiningallspark.web.id

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 12/04/2012 in belajar sedikit

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: